Mengobati Wasir

Pada prinsipnya setiap orang dapat menderita wasir. Besarnya kemungkinan tergantung sebagian dari keturunan, artinya apakah wasir banyak terdapat dalam lingkungan keluarga. Untuk sebagian besar tergantung dari pola hidup dan susunan makanan sehari-hari. Selain itu pada mereka yang karena pekerjaannya harus duduk terus menerus untuk waktu yang lama atau melakukan kerja fisik berat, lebih besar resikonya untuk menderita wasir. Karena pada situasi ini terjadi tekanan ekstra pada pembuluh-pembuluh sekitar dubur, yang karena itu mengembang atau bahkan terdorong keluar. Resiko yang meningkat pada mereka yang seringkali menunda ke toilet pada waktu hasrat buang air timbul. Begitu pula pada penderita sembelit dengan tinja keras, yang sering harus mengedan ketika buang air besar yang berakibat lebih banyak darah terdorong ke poros usus. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengobati wasir tersebut.

Wanita hamil sering menderita wasir karena pada merekapun terjadi desakan daqrah yang meningkat ke bagian bawah tubuh karena janin berkembang dan pengaruh hormon kehamilan, yang melemahkan dinding pembuluh. Setelah melahirkan sering kali timbul wasi akibat mengedan yang pada umumnya akan hilang dengan sendirinya. Gejala penyakit wasir dalam ada kalanya menimbulkan pendarahan ringan dan dapat menyembul keluar dubur pada saat atau setelah buang air. Hampir selalu dirasakan nyeri dan gatal-gatal. Wasir luar pada umumnya berwarna biru muda, dapat didorong kembali ke dalam dubur dengan mudah dan tidak nyeri. Tindakan umum untuk mengobati wasir adalah dengan menjaga kebersihan.

Ada beberapa cara yang berkaitan dengan hygiene pribadi untuk meringankan penderita wasir dan mengobati wasir, yaitu :

  1. Kebersihan, penting untuk mencuci dengan seksama dubur dan sekitarnya setelah buang air dan mengeringannya dengan baik. Lalu sepotong kasa dengan talk atau dermatol dapat diletakkan di daerah dubur untuk meringankan rasa gatal.
  2. Pendarahan pada easir, yang biasa berhenti dapat dibantu dengan mengehntikannya dengan kompres air dingin
  3. Bantal angin, penderita wasir yang harus duduk untuk waktu lama sebaiknya menggunakan bantal angina tau sepotong plastic busa dengan lubang ditengahnya. Dengan demikian tekanan berlebihan disekitar dubur dapat dikurangi.

Dasar dari pencegahan (dan pengobatan) penyakit wasir adalah buang air besar yang lancar dan teratur (misalnya setiap pagi) dengan tinja yang lunak. Untuk itu perlu sekali diperhatikan tiga aturan penting, yaitu diet yang kaya serat, gerak badan secukupya dan jangan mengedan bila buang air besar. Diet sehari-hari harus mengandung banyak serat dan gizi (sayur mayur, buah-buahan, beras tumbuk) dan minum air secukupnya (2-2,5 litersehari). Bila perlu digunakan suatu laksan, sebaiknya zat pelunak laktulosa. Disamping itu sebaiknya pantang makanan yang merangsang atau pedas, misalnya merica, cabai atau sambal dan juga alkohol. Petunjuk diet ini adalah untuk menghindarkan tinja menjadi keras yang dapat menimbulkan retak-retak pada mukosa yang sangat nyeri ketika buang air. Oleh karena penderita menekan refleks hajat dan menunda pergi ke toilet, akibatnya tinja akan lebih mengeras karena cairan diserap kembali oleh selaput lendir usus.


=====================================

>>>Obat Wasir (Ambeien) Untuk Mengobati Wasir dan Menyembuhkan Wasir beserta Gejala-Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Penyebab Penyakit Wasir, Wasir/Ambeien and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>