Penyakit Wasir

Penyakit wasir adalah pelebaran vena di dalam saluran anal dan daerah distral rectum. Wasir interna berasal dari pleksus hemoroidalis interna diatas linea dentate dan ditutupi oleh mukosa rectum. Penyakit wasir eksterna berasal dari pleksus hemoroidalis eksterna dibawah linea dentate dan ditutupi oleh wpitel skuamosa berlapis. Etiologi dari penyakit wasir adalah peningkatantekanan abdomen akibat mengedan sewaktu ingin buang air besar, mengangkat benda berat, melahirkan anak, dan hipertrofi prostat jinak. Klasifikasi dari penyakit wasir adalah :

  1. Derajat pertama tidak terdapat prolaps
  2. Derajat kedua, terdapat prolaps tetapi masih secara spontan
  3. Derajat ketiga, dapat dimasukkan dengan jari
  4. Derajat keempat prolaps menetap, tidak dapat masuk lagi.

Gejala yang dirasakan pada penyakit wasir adalah pendarahan merah segar pada saat defekasi, terdapat tonjolan eksterna nyeri tekan (nyeri berat yang tidak biasa kecuali terbentuk thrombus), dan gatal. Prinsip umum dari pengobatan penyakit  wasir adalah diet tinggi serat, pelunak tinja, hindari mengedan selama buang air besar, hindari mengangkat benda berat. Mandi air hangat dengan duduk dua kali sehari dan lubrikasi dengan supositoria gliserin dapat membantu mengurangi gejala dari penyakit wasir. Supositoria yang berisi obat misalnya anuson HC (mengandung hidrokortison) dapat membantu mengurangi peradangan. Batasi penggunaan obat yang mengandung steroid sampai kurang dari 2 minggu penggunaan kontinu untuk menghindari atrofi jaringan anal.

Penyakit wasir eksterna bertrombus, seringkali dapat diobati secara nonbedah. Namun, jika pasienn datang dalam 48 jam sampai 72 jam setelah awitan eksisi trombus seringkali menghasilkan pemulihan nyeri secara dramatic. Insisi dan drainase tidak mencukupi kelseuruhan thrombus harus dieksisi. Fotokoagulasi dengan infra merah mungkin merupakan pengobatan terpilih untuk wasir derajat pertama yang tidak dapat ditangani dengan tindakan konservatif yang diuraikan diatas. Ligasu dengan pita karet bermanfaat untuk wasir derajat kedua dan derajat ketiga kecil. Batasi pengobatan sampai dua daerah wasir pada satu waktu. Pengobatan selanjutnya dapat dilakukan dengan interval 4 sampai 6 minggu. Pikirkan merujuk ke bagian bedah jika gejala mencakup setelah 3 atau 4 kali pengobatan.

Tindak lanjut untuk pendarahan yang diduga akibat wasir. Pemeriksaan rectum dengan jaru dan anoskopi merupakan pemeriksaan minimum untuk pasien yang datang dengan pendarahan rectum. JIka sumber pendarahan tidak nyata atau jika riwayat tidak sesuai dengan wasir sebagai sumbernya, lakukan sigmoidoskopi. Jika pasien berusia > 40 tahun, lakukan sigmoidoskopi sebagai evaluasi awal pendarahan rectum. Enema barium (selain sigmoidoskopi) atau kolonoskopi harus dilakukan pada pasien yang berusia diatas 50 tahun dengan pendarahan rectum, atau pada pasien yang tinjanya tetap guaiak-positif serelah mengobati penyakit wasir.


=====================================

>>>Obat Wasir (Ambeien) Untuk Mengobati Wasir dan Menyembuhkan Wasir beserta Gejala-Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Penyebab Penyakit Wasir and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>