Tips Mengatasi Wasir

Sebenarnya wasir dapat dicegah dan diobati jika anda mengetahui sejak dini, berikut ini akan diberikan beberapa tips untuk mengatasi wasir, diantaranya :

1. Terapkan dalam diri dan keluraga anda untuk hidup sehat. Tak sulit untuk menjalankan atau menerapkan pola hidup sehat guna untuk kepentingan kesehatan dri anda dan keluarga dalam jangka panjang.

2. Olah raga secara teratur. Olahraga selalu banyak disarankan oleh para pakar ilmu kesehatan, seorang dokter pun akan menyarankan untuk olahraga teratur dan rutin sediakan waktu luang dari rutinitas sehari – hari untuk menyegarkan dan mereflesikan tubuh anda dari penatnya pekerjaan, anda dapat melakukan olahraga apapun sesuai dengan kemampuan, kondisi kesehatan anda, semisal : bersepeda, berenang, joging di pagi dan sore hari bisa dilakukan oleh siapa saja tak perlu biaya mahal. Lakukan minimal 2-3 kali seminggu.

3. Makan makanan berserat. Makan – makanan yang kita konsumsi sehari – hari tentunya akan membawa suatu efek pada kesehatan anda dan keluarga. Konsumsi makan – makanan berserat sangat baik untuk membantu proses pencernaan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, salah satu memperlancar buang air besar untuk mencegah adanya wasir.

4. Hindari terlalu banyak duduk. Jika anda seorang pekerja yang sehari-hari dalam pekerjaan anda dihabiskan dengan duduk sering-seringlah minum air putih, olah gerak, sesekali beranjak dari tempat duduk anda untuk merengangkan dan mereflesikan otot – otot tubuh anda agar tidak kaku, terutama untuk tulang ekor pada bokong anda agar tidak terlalu terasa pedes, nyeri/linu karena terlalu lama duduk. Kurang konsumsi air putih dapat menyebabkan awal mulanya gejala ginjal dan wasir.

5. Tidak merokok atau kurangi merokok. Jika anda adalah seorang perokok, sebaiknya mengurangi kebiasaan merokok. Rokok tidak hanya menyebabkan penyakit jantung, kolesterol, asam urat namun penyakit lainnya juga dapat disebabkan dari rokok termasuk penyakit wasir.

6. Jangan melakukan aktivitas hubungan seks yang tidak wajar. Ciptakan aktivitas hubungan seksual anda dengan pasangan dengan hal yang wajar, jangan melakukan hubungan seksual melalui anus dan melakukan hubungan seksual yang sehat adalah 3x dalam seminggu guna memberikan waktu jeda bagi sperma untuk membuahi sel telur.

7. Minum air yang cukup. Konsumsi air minimal 8-10 gelas atau setara dengan 1,5 -  2 liter per hari atau bahkan bisa lebih tergantung kondisi kesehatan anda. Minum air putih dapat mencegah berbagi macam penyakit. Air putih juga sangat baik sebagai salah satu obat penting untuk segala macam penyakit semisal : gangguan saluran kemih, dengan rajin minum air putih batu urin dalam kandung kemih akan mengecil dan melebur juga dapat mengobati wasir.

8. Jangan menahan ketika ingin buang air kecil atau buang air besar. Sering menahan buang air kecil atau buang besara dapat memicu timbulnya wasir.

9. Jangan suka menggosok dan menggaruk dubur berlebihan. Sering mengaruk dubur/bokong secara berlebihan dapat mengakibatkan anus menjadi luka

10. Jangan mengejan / mengeden. Jika anda kesulitan untuk buang air besar mungkin disebabkan karena adanya gangguan dalam proses pencernaan makanan, untuk mengatasinya anda bisa konsumsi buah pepaya, makan agar-agar.

11. Jika tidak ingin pup / bab jangan dipaksa

12. Duduk berendam pada air yang hangat. Duduk berendam dengan air hangat minimal 15 menit sebelum mandi atau dengan uap air hangat dapat memberikan rasa rileks dalam diri, melancarkan peredaran darah dan tentunya mencegah adanya wasir. Lakukan 2 – 3 kali seminggu.

13. Minum obat sesuai anjuran dokter. Konsultasikan dengan dokter ahli jika anda memang memiliki wasir, dan mintalah obat anti hemorrhoid sesuai anjuran yang diberikan dokter.

14. Konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan yang banyak mengandung zat besi, vitamin A, E dan antioksidan yang baik guna mempertahankan kondisi tubuh dari radikal bebas, tubuh selalu terlihat segar, kulit kencang dan buang air lancar tanpa sembelit dan membuat feses menjadi lunak.

15. Hindari minuman beralkohol dan bersoda. Minuman beralkohol dan bersoda membuat feses menjadi keras dan ketika buang air anus terlalu tertahan dengan tekanan yang begitu keras. Hal ini dapat berakibat wasir.

Cobalah anda menjalani beberapa tips diatas sekiranya dapat membantu anda mencegah dan mengatasi wasir sebelum terlambat, periksakan kondisi kesehatan anda pada dokter secara berkala.


=====================================

>>>Obat Wasir (Ambeien) Untuk Mengobati Wasir dan Menyembuhkan Wasir beserta Gejala-Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Penyebab Penyakit Wasir, Wasir/Ambeien and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>